Monday, April 29, 2013

Iman Prabawa : Sharing Pembelajaran Melalui Internet


iman-prabawa
Iman Prabawa lahir di kota Pekalongan yang sejuk pada tanggal 26 April 1978, sesosok anak manusia yang kemudian mensharingkan apa yang dia ketahui mengenai drum melalui internet. Dia sangat gigih mensharingkan ilmu-ilmu soal drumnya di blog belajar drum miliknya.
Awalnya iman prabawa memulai dengan membuat video-video saja dari sebuah kamera handphone. Saat itu dia ditantangin oleh seorang temannya yang melihat apa yang sudah dilakukan oleh iman prabawa di studio rental miliknya di daerah Bogor. Ketika itu iman prabawa banyak mensharingkan ilmu-ilmu drumnya yang diperolehnya lewat belajar musik di Universitas Pelita Harapan kepada orang-orang yang menyewa studionya saat itu secara gratis.

Di benaknya hanya terpikir saat itu kalau konsumennya bisa lebih baik dalam bermain musiknya, pastinya alat-alat drumnya akan jauh lebih awet juga, seiring juga dengan kesenangannya untuk mensharingkan ilmunya kepada teman-teman drummer yang ingin belajar.
Di studio itu dia membuat sebuah komunitas drummer yang akhirnya bisa cukup terkenal di kota tersebut. Nah darisitu seorang temannya berkata, “Kenapa kamu tidak mencoba membuat video dan coba diupload di youtube saja? Tentunya akan lebih banyak lagi orang-orang yang bisa belajar dan bisa memperoleh manfaat dari ilmu yang sudah kamu berikan selama ini ke orang-orang disini.”
Dan kemudian lalu iman prabawa mencoba untuk mengikuti nasihat tersebut walau di hatinya sempat terbersit pikiran, siapa saya berani-berani untuk membuat sebuah video tutorial yang mengajarkan orang-orang untuk bermain drum. Kemudian dia mencoba membuat videonya pertama kali dengan menggunakan sebuah handphone Nokia N73 saat itu, dan dengan audio dan kualitas video yang bisa dibilang jelek, ternyata viewer di youtube-nya banyak.
Darisitu dia mulai berpikir, wah ternyata memang belum ada orang yang membuat tutorial drum apalagi pelajaran drum yang dibagikan secara gratis. Oleh karena itu kemudian iman pun mulai membeli kamera yang lebih layak dan juga mulai membeli lighting yang lebih bagus agar kualitas videonya bisa lebih bagus lagi.
Saat itu memang iman mempunyai sebuah studio recording, sehingga gambar video tersebut bisa dia singkronkan dengan hasil audio yang dia take terlebih dahulu. Sempat beberapa kali mencoba, iman belajar semuanya sendiri, dari mulai belajar video editingnya yang menggunakan Adobe Premier Pro, kemudian belajar menempatkan dimana lighting seharusnya berada.
Dan kemudian mulai memixing hasil audionya. Kalau berbicara masalah audio, iman prabawa tidak mengalami banyak kendala, karena memang dia pernah belajar mengenai audio di salah satu institusi ternama di Jakarta yang bernama Lembaga Pendidikan David Klein atau disingkat dengan LPDK. Selama setahun iman belajar audio disitu dan itu cukup untuk mengajarkan dirinya bagaimana menghasilkan kualitas audio yang bagus.
Namun karena saat itu masih tidak ada yang membantu, hanya dia sendiri yang mengerjakan semuanya, mulai dari memasang drum, memasang lighting, kemudian memasang microphonenya untuk menangkap audionya. Kemudian setelah itu dia harus membereskan semuanya karena masih ada yang akan merental studionya tersebut. Setelah gambar diperoleh dan dia masih harus mengeditnya, menggabungkannya dengan audionya, dan kemudian harus dia render dengan komputer seadanya. Kadang dia cerita hingga sampai 6 jam hanya untuk merender sebuah video berdurasi 10 menit.
Karena memang komputer yang dia gunakan bukanlah komputer yang cukup cepat, tapi dia melakukan semua itu karena kesukaannya untuk berbagi untuk sesama. Dia berharap dengan adanya blognya itu akan membuat lebih banyak lagi drummer Indonesia yang menjadi bagus dalam bermain drum.
Nah buat teman-teman drummer yang tertarik untuk belajar, bisa mengunjungi blog-nya iman prabawa. Dia membuat sebuah blog belajar drum online yang selama ini dia gratiskan untuk banyak orang yang punya keinginan kuat untuk belajar drum.

2 comments:

  1. mas iman maap mau curhat nih....knpa ya tiap manggung ko pas maen drum serasa berat tangan ma kai gk kaya waktu latihan????????

    ReplyDelete
  2. mas iman sadiiiiis banget.. temen nongkrong saya di bebek ginyo tebet... mas iman ini juga ahlinya internet marketing lhoooo.... :D

    ReplyDelete