Skip to main content

Bagusan Beli Laptop atau Komputer Untuk Gaming?

Warna Warni - Di artikel kali ini kita akan membahas mengenai bagusan beli laptop atau komputer untuk gaming? Yuk langsung saja kita bisa tonton videonya di bawah ini untuk lebih jelasnya.


Hai, welcome back di ulasan dot id, pasti banyak yang nanya banget, sebenarnya bagusan beli PC gaming atau beli laptop? Kita akan ulas apa kelebihan dan kekurangannya. Mari kita ulas.

Spek Laptop Gaming

Untuk perbandingan PC dan laptopnya, gue memilih laptop ASUS ROG GL552VW CN656D yang memiliki spek:
  1. Intel Core i7 6700HQ
  2. RAM DDR 4 2x8GB
  3. SSD 128GB
  4. Hard disc 1TB
  5. Intel HD Graphic 530
  6. NVIDIA GeForce GTX 960M 4GB DDR5


Spek PC Gaming

Dan untuk PC Gamingnya gue memilih komponen yang sama dengan laptop ASUS, yaitu dengan:
  1. Motherboard ASUS E3 Pro Gaming V5
  2. Intel Core i7 6700K
  3. RAM Avexir Core Blue DDR4 sx8GB
  4. Hard disc Seagate 1 TB
  5. SSD Galax Gamer Series L 120 GB
  6. PSU Super Flower 550W
  7. Cryorig H7
  8. VGA Card Colorful GeForce GTX 960
  9. Casing Segotep Lux
  10. LCD LG22M47VQ
  11. Keyboard Mouse Cougar 230M dan 200K
OK kalau kita bicarain dari segi harga. Kalau dari laptop ini berkisar harganya sekitar 16 juta rupiah. Nah kalau PC gaming ini dengan spek yang sama, harganya sekitar Rp 15.800.000,-. Nah bisa dibilang ada selisih harga sekitar 300ribu rupiah. Dan sebenarnya lumayan juga bisa untuk mengajak cewe jalan-jalan, nonton dan makan.

Pertimbangan Kelebihan dan Kekurangan Laptop VS Komputer

Kalau dari segi masalah boros listrik, sudah pasti PC gaming jauh lebih boros daripada laptop. Nah kalau untuk masalah fisik, sudah kelihatan jelas lah, laptop itu simpel, portabel, gampang dibawa kemana-mana, ringan buat dijinjing. Kalau untuk PC gaming coba loe bayangin repot ngga bawa barang segede ini kemana-mana? Pasti repot!

Kalau untuk masalah tahan lama, biasanya sih PC gaming ini jauh lebih tahan lama daripada laptop. Kalau dari pengalaman pribadi gue nih, ada PC gue sampai lebih dari 5 tahun sedangkan kalau laptop itu penggunaannya bisa kurang dari 5 tahun, tapi biasanya sukur-sukur kalau lagi hoki bisa lebih dari 5 tahun.

Nah kalau untuk masalah garansi nih. Kalau masalah garansi ini sekitar sama lah. Mungkin ada yang setahun atau dua tahun. Lalu kalau masalah garansi nih misalkan ada barang yang rusak, misalkan dari VGA Card, tinggal kita copot lalu kita bawa ke service center atau tokonya langsung diganti. Nah kalau ini kita harus bawa satu set, laptop.

Nah kalau masalah after garansinya nih, gimana? Kita juga tetap misalnya kalau ada problem, misalnya ada masalah di VGA nih atau di RAM atau di power supply, kita tetap copot tapi tinggal ganti part itunya saja. Nah kalau untuk laptop, biasanya itu semua sudah menjadi satu. Sudah jadi part kita harus bawa dan biasanya harganya jauh lebih mahal.

Kalau kemudian untuk masalah upgrade. Yang pasti PC jauh lebih gampang upgradenya. Dan kalau untuk laptop biasanya dia cuma bisa upgrade RAMnya atau ngga hard discnya saja. Kalau untuk yang expert nih, kalau untuk PC loe bisa overclock di prosesornya dan bisa juga di VGA Cardnya. Kalau di laptop, agak riskan, gue sih ngga mau ngambil resiko, bayangin kalau overclock rusak, loe bakalan menangis tersedu-sedu.

Nah itulah bahasan kelebihan dan kekurangannya. Sekarang penasaran ingin lihat tes performancenya seperti apa? Kita lihat seperti ini.



Tes Performance PC Gaming dan Laptop Gaming. 

Kita bisa lihat pada gambar di bawah ini.

Bagusan Beli Laptop atau Komputer Untuk Gaming?

OK, kalau kita lihat dari hasil tes tadi, ternyata performance PC gaming jauh lebih baik daripada laptop gaming. Tapi tergantung juga, kalau dilihat dari segi mobilitasnya, gue saranin untuk loe beli laptop, kalau untuk yang suka bepergian atau untuk yang suka travelling, sedangkan kalau yang suka ngedekam di rumah saja, gue saranin beli PC. Nah kalau dari sisi budget juga, tergantung, kalau budget loe kuat, gue saranin untuk beli laptop tapi kalau ternyata budget loe pas-pasan mendingan beli PC aja. 

Jadi bisa kita bilang PC versus laptop ini ada kelebihan dan kekurangannya masing-masing. OK, jadi kalian pilih yang mana? Pilih PC atau laptop? Langsung komen di bawah sini untuk kasih tambahan pendapat kalian mengenai kelebihan dan kekurangan PC versus laptop. Jangan lupa untuk like dan share video ini, dan bagi yang belum juga harus subscribe juga.

OK segitu dulu video ulasan kali ini bersama gue TJ dan sampai ketemu di video selanjutnya. 


Baca juga:

Popular posts from this blog

Perjalanan Hidup Bob Sadino

Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.

Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lloyd di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.
Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indon…

Vincent van Gogh : Pusaran Badai Hidup Sang Jenius Seni

Beda PC Gaming Dengan PC Editing

Warna Warni - Halo teman-teman banyak dari kita yang belum mengetahui beda antara PC untuk bermain game atau lebih sering disebut PC gaming dengan PC untuk mengedit, katakanlah untuk mengedit video, karena sekarang ini banyak sekali kan yang posting video di youtube, dan kemudian menjadi tenar dan menjadi artis youtube.

Hal seperti ini menjadikan banyak orang seperti berlomba untuk membuat video yang bisa mereka upload ke youtube, dan tentunya ini membutuhkan pengeditan ketika kita hendak mengupload ke youtube dengan tampilan video yang menarik.

Tentunya hal ini yang akan membedakan antara PC untuk gaming dan PC untuk editing. Yuk kita simak video di bawah ini yang mensharingkan perbedaan antara PC gaming dengan PC Editing.





Untuk versi teksnya teman-teman bisa membacanya di bawah ini,


Perbedaan Terbesar PC Gaming Dengan PC Editing Hei, kembali lagi sama gue Alfin, kali ini kita akan membahas apa sih bedanya PC gaming dengan PC editing. Jadi apa sih perbedaan antara PC gaming dengan PC…