Skip to main content

Cara Memilih Part Komputer Untuk Video Editing Bagian Pertama

Warna Warni - Di artikel ini kita akan membahas mengenai cara memilih part komputer untuk editing. Ini adalah bagian pertamanya. Kita langsung tonton videonya di bawah ini yuk.


Untuk versi tulisannya silakan bisa dibaca di bawah ini.

Selamat pagi anak-anak. Selamat malam pak guru. Ini sudah malam, ini jam 2. Kalau guru jikan boleh, kalau kalian ndak boleh jikan yok. Kenapa pak guru? Oh iya karena ini memang khusus orang-orang atasan seperti ini. Sebentar saya lepas dulu kacamatanya biar ngga seperti X-Men. Iya. Okey, ini pelajaran ke-104. Nah 104 ini suhu mau ngasih ilmu buat adek-adek yang ada di sini. Ilmu apa pak guru? Oh ilmu ini sakti banget! Nah gitu.


Cara Memilih Part Komputer Yang Ciamik Sorro

Jadi ini buat agan-agan atau adek-adek yang ada di sini kesusahan kalau punya dana sekian, mau buat editing, mau buat video gaming atau mau dibuat apa aja, cocoknya milihnya part yang seperti apa. Tapi sebelum saya membahas yang seperti ini, saya mau absen dulu ya. Iya. Kabul ada kabul? Kabul ada. Okey, terus habis itu Parto ada? Okey, terus Fatur ada? Fatur ada. Sudah lengkap ya? Itu yang di belakang itu sudah lengkap semua ya? Oh banyak sudah, tak centang semua oke ya? Iya.

Nah dibuka dulu buku pelajarannya. Bab 8004. Pak guru tanya, buku saya kok isinya kas bon semua? Lha iya tak? Lha iya ini buku kas bon orang-orang ini keliru saya. Kalau bukunya di sini apa? Sama pak guru. Oh iya, ini buku hutang piutang. Lha kamu isinya apa? Lha kok bokep kabeh, iki piye? Dibalik dulu halamannya. Sudah masuk halaman bersih semua? Sudah!

Sekarang saya akan melanjutkan pembahasan. Nah kali ini suhu mau mengasih tips atau trik buat orang-orang yang punya uang, uangnya banyak banget itu, tahu kan ya kamu ya? Sudah pernah megang belum? Belum. Jadi gini lho, orang kalau sudah punya uang, kalau mau main komputer, atau mau main game, atau mau main video editing itu bingung, mau merakit yang seperti apa ya? Rata-rata kan, paketan-paketan aja kan? Paket A komputer sekian, 3 juta. Tapi kan ngga mengerti itu fungsinya apa? Iya.

Nah di sini suhu mau menjelaskan detail masalah ini. Biar kalau adek-adek di sini kalau punya uang banyak, kalau punya lho ya kalau ngga punya biarin. Segini aja ya kamu, gigit jari aja. Kalau punya uang, jadi bisa mengaplikasikan, merakit komputer dengan pas sesuai budget yang hasilnya bisa ciamik sorro. Paham ya? Paham.

Ini tetangga saya mau merakit buat ngedit video, itu apa saja yang perlu diambil, yang perlu dipilih, apa saja? Gitu ya? Itu tetangga yang di sebelah kiri atau kanan? Yang depan. Iya. Jadi sebelahnya pohon belimbing? Iya betul. Pak satpam ya? Iya.

Part Yang Diperlukan Untuk Video Editing
Part yang diperlukan untuk video editing. Tapi semua tergantung dengan budget, ya kan? Kita ambil budget yang flat lah, di bawah 10 juta, gitu aja ya? Jadi kalau video editing, namanya aja video. Kalau video kan otomatis berbau VGA Card.

VGA, speker montor rek. Video ini kan Visual Graphic Acceleration. Otomatis kan nyambung sama yang ini. Jadi yang kita tekankan dimana? VGA. Jadi kalau ngedit video ditekankan di VGA. Nah tapi VGA aja ngga cukup, jadi harus ditambahin memory. Memory kalau untuk ngedit video-video yang biasa-biasa pake 8GB ngga masalah, tapi kalau mainnya sudah kaya Adobe Premier, After Effect, Sony Vegas, saran saya 16 GB. Di pembaca chartnya prosesor, gitu. Jadi VGA sangat penting, nomor satu, terus habis gitu memory, 8 atau 16GB, terus habis itu prosesor. Kalau video disarankan memakai prosesor yang 4 core. Minimal 4 core, ya kan? Jadi otomatis core i3 7100, ini dual core tapi di hyper threading jadi 4 core. Pake i5 7400, atau kalau punya uang pake i7 7700 atau yang K, kalau ngga suka Intel, pake AMD bisa, pake Ryzen 5, ini saran saya Ryzen 5 1500X, atau ke atas. Kenapa? Karena corenya ini nanti dibuat multitasking pada waktu proses render. Nah ini kan proses render begini kan. Ini misalnya loading. Lho, lha, proses prosesor ini itu kerjanya pada waktu proses render dibantu dengan proses memory, tapi pada waktu editing, itu yang bekerja adalah VGA Card dibantu dengan memory. Ini pada waktu editing, edit-edit lah seperti itu. Ini VGA Card dibantu dengan memory. Tapi VGA Cardnya yang mana? Iya kan? Harus memakai DDR5, kenapa memakai DDR5? Karena otomatis adek-adek kan ngga mungkin pake software jadul? Otomatis pake software Adobe Premier CC 2017, Sony Vegas yang baru, After Effect yang baru, otomatis VGA-nya yang baru, jangan VGA lama dipake buat ngerender software yang baru. Nangis VGA-nya, ngga kuat. Kasian ya? Benar! Jadi kalau saran saya, kalau punya uang, di VGA Cardnya itu minimal 2 GB DDR5, 128 Bit atau 64 Bit boleh. Tapi kalau ada dana, saran saya ke 4 GB, karena semakin besar giganya ini untuk VGA, pada waktu edit-edit ini dibantu dengan memory, itu tidak terlalu ngelag.

VGA Card Apa Untuk PC Editing?

Terus VGA apa yang cocok? Oh macam-macam. Jadi ada mulai 1050 2GB, atau 4GB pake Ti, ya kan? Kalau punya dana lebih, mulai bagusnya editing itu di 1060, itu mulai enak. 3 GB atau 6GB, tapi kalau adek-adek punya dana lebih, habis ngepet misalkan ya, boleh pake 1070 atau 1080 Ti juga boleh. Tapi kalau untuk pemula, pake ini saja sudah sangat cukup.

Motherboard Untuk PC Editing

Terus kalau untuk motherboard bebas. Bebas mau pake apa, memory bebas, yang penting dual channel. Dual channel itu ada 4x2 atau 8x2 atau 16x2. Nah ini dual channel, jadi kalau buat video editing yang ditekankan itu di VGA sama memory. Lho tadi kan proses itu kan tadi kan katanya ngefek buat render. Ngefek! Prosesor sangat ngefek buat render, tapi software-software sekarang sudah bisa dialihkan ke render GPU. Gitu. Apa ngga panas nanti kalau pake GPU? Sediakan fan untuk pembuangan casing biar enak lah, karena kalau pada waktu render ini GPU ini memang sekitar 80 kadang sampai 100. Jadi fan sangat penting, kalau bisa memilih VGA Card yang dual fan, 3 fan, 5 fan, 100 fan boleh. Panjang berarti? Iya, mining.

Jadi ini adalah untuk video graphic. Kalau tetangga saya itu pentium 4 ya mas ya, yang perlu diupgrade itu apa? Uteknya yang perlu diupgrade! Waduh, susah ya. Terus ada yang mau ditanyakan lagi?

Peran Hard Disc, Optane, atau SSD Itu Apa?

Nah itu pertanyaan ciamik sorro. Jadi apa perannya hard disc, SSD sama Optane? Ya kan? Perannya itu pada waktu di sini, proses rendering, bukan di proses edit-edit. Karena kalau di proses edit-edit kita ngambil loop file, masuk ke dalam sequencenya Adobe Premier, itu sudah menjadi temporary, jadi sudah tersimpan di C, program files/temp gitu lah. Misalnya seperti itu, tapi pada waktu rendering, itu dibutuhkan konversi, artinya rendering itu adalah melakukan konversi hasil mentah menjadi hasil jadi. Hasil mentah video menjadi .avi, hasil mentah video menjadi .mp4 atau menjadi .jpg atau menjadi .png, itu disebut konversi, jadi pada waktu proses render ini misalkan agan-agan memakai SSD, otomatis terbantu juga pada waktu rendering, memakai optane juga terbantu juga, kalau optane, SSD juga membantu pada waktu load, misalnya pada waktu kita nginsert gambar, nginsert video di timelinenya Adobe, itu juga sangat membantu juga. Juga sangat membantu juga di kinerja render, tapi tidak terlalu significant, intinya membuat ringan, biar kita ini enak, ringan. Ada lagi yang mau ditanyakan adek-adek?



Cara Memilih Part Komputer Untuk Video Editing Bagian Pertama

PSU Yang Bagus Untuk PC Video Editing

Untuk PSU-nya power supply itu yang dibutuhkan itu berapa sebenarnya? Kalau itu tergantung di kebutuhan VGA Card, karena yang makan watt paling banyak itu ada di VGA Card, gitu. Kalau VGA Card 1050, 1050 Ti, 350 sampai 400 watt bisa, yang penting 80+. Kalau make 1060, ini bisa memakai 500 Watt. Memakai 1070, pake 550 atau 600 Watt, bisa, pake 1080 Ti, pake 550 sampai 650 bisa karena VGA sekarang sudah irit. Terus kalau untuk Radeon ada lagi. Kalau untuk Radeon itu sama-sama irit sama Intel, eh sama NVIDIA, jadi dimulai dari, sebentar, penghapusnya mana ya? Waduh rek, kok ngenek. Wes ngga popo wes. Sekarang untuk Radeon. Kalau Radeon, mulai enak itu di RX560, saran saya yang 4GB, terus 570 juga lebih baik, 580 sangat baik. VEGA ciamik sorro. Ya tho? Jadi kalau RX560 ini cukup memakai 350 sampai 450, kalau 570 cukup memakai 450 sampai 550, kalau 580 ya cukup 550 sampai 650. R VEGA 650 bisa, 700 bisa, tapi sebenarnya semua ini irit, saya ngasih itu melebihi biar pada waktu full load dia ngga drop.


Baca juga:
  1. Bagusan Laptop Atau PC Untuk Gaming?
  2. Beda PC Gaming Dengan PC Editing
  3. Merakit PC Untuk Keperluan Desain Interior

Popular posts from this blog

Perjalanan Hidup Bob Sadino

Bob Sadino (Lampung, 9 Maret 1933), atau akrab dipanggil om Bob, adalah seorang pengusaha asal Indonesia yang berbisnis di bidang pangan dan peternakan. Ia adalah pemilik dari jaringan usaha Kemfood dan Kemchick. Dalam banyak kesempatan, ia sering terlihat menggunakan kemeja lengan pendek dan celana pendek yang menjadi ciri khasnya. Bob Sadino lahir dari sebuah keluarga yang hidup berkecukupan. Ia adalah anak bungsu dari lima bersaudara. Sewaktu orang tuanya meninggal, Bob yang ketika itu berumur 19 tahun mewarisi seluruh harta kekayaan keluarganya karena saudara kandungnya yang lain sudah dianggap hidup mapan.

Bob kemudian menghabiskan sebagian hartanya untuk berkeliling dunia. Dalam perjalanannya itu, ia singgah di Belanda dan menetap selama kurang lebih 9 tahun. Di sana, ia bekerja di Djakarta Lloyd di kota Amsterdam dan juga di Hamburg, Jerman. Ketika tinggal di Belanda itu, Bob bertemu dengan pasangan hidupnya, Soelami Soejoed.
Pada tahun 1967, Bob dan keluarga kembali ke Indon…

Vincent van Gogh : Pusaran Badai Hidup Sang Jenius Seni

Beda PC Gaming Dengan PC Editing

Warna Warni - Halo teman-teman banyak dari kita yang belum mengetahui beda antara PC untuk bermain game atau lebih sering disebut PC gaming dengan PC untuk mengedit, katakanlah untuk mengedit video, karena sekarang ini banyak sekali kan yang posting video di youtube, dan kemudian menjadi tenar dan menjadi artis youtube.

Hal seperti ini menjadikan banyak orang seperti berlomba untuk membuat video yang bisa mereka upload ke youtube, dan tentunya ini membutuhkan pengeditan ketika kita hendak mengupload ke youtube dengan tampilan video yang menarik.

Tentunya hal ini yang akan membedakan antara PC untuk gaming dan PC untuk editing. Yuk kita simak video di bawah ini yang mensharingkan perbedaan antara PC gaming dengan PC Editing.





Untuk versi teksnya teman-teman bisa membacanya di bawah ini,


Perbedaan Terbesar PC Gaming Dengan PC Editing Hei, kembali lagi sama gue Alfin, kali ini kita akan membahas apa sih bedanya PC gaming dengan PC editing. Jadi apa sih perbedaan antara PC gaming dengan PC…